Surga Dunia di Pulau Sumatera

Hai traveller, kali ini kita mau jalan-jalan ke pulau sumatera. Bumi Sumatera mengajarkan para kita bahwa cara paling menarik untuk belajar adalah dengan berwisata, keagungan budaya dan kecantikan alamnya selalu ada bagi siapapun yang bersedia mencintai, mengunjungi dan menjaganya. Mari kita simak beberapa Tempat wisata paling wajib dikunjungi di Sumatera.

1. KAWAH PUTIH TINGGI RAJA ( SUMATERA UTARA )

tinggi-raja-sumatera-utara-2(2)   Obyek wisata ini belum terekplorasi dengan baik, berada di tengah-tengah kawasan hutan pohon yang tinggi-tinggi membuat obyek wisata ini belum sangat dikenal. Kawah Putih Tinggi Raja yang terdapat di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan jalan untuk menuju kawah yang tidak begitu mulus terdapat keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang keindahanya menyerupai putih salju. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut, sehingga air panas itu bisa untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan Salju Panas.

2. CANDI MUARA TAKUS ( RIAU )

2120459takus-3780x390 Nah traveller, Kali ini kita masih jalan-jalan ke Sumatera bagian utara, tepatnya di Provinsi Riau. Candi Muara Takus adalah salah satu dari beberapa candi Budha, dan candi ini membuktikan bahwa pernah eksistensi agama Budha di kawasan ini beberapa abad silam. Walaupun para arkeolog belum dapat menentukan secara pasti kapan candi ini didirikan, namun mereka sepakat bahwa Candi ini berdiri pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya abad VII-XII Masehi. Stupa merupakan ciri utama bangunan suci umat Budha. Arsitektur stupa di Candi Muara Takus ini sangat unik dengan ornamen sebuah roda dan kepala singaBentuk stupa memiliki kesamaan dengan stupa Budha di Myanmar,  Vietnam, Sri Lanka atau stupa kuno di India pada periode Asoka. Kompleks candi ini dikelilingi tembok seluas 74 x 74 meter. Bahkan, kompleks candi di area luar dikelilingi tembok tanah seluas 1,5 x 1,5 kilometer. Bangunan candi terbuat dari tanah liat dan bagian pagar terbuat dari batu putih. Selain Muara Takus, beberapa candi lainnya yang juga berdiri adalah Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Menurut beberapa sumber, batu yang digunakan untuk membangun candi ini terdiri dari bahan dasar seperti batu pasir, batu sungai dan batu bata. Batu bata tersebut berasal dari desa Pongkai, sebuah desa yang terletak di sebelah hilir kompleks candi. Selain itu, juga terdapat sebuah gundukan yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran tulang manusia. Berdasarkan hasil penelitian arkeologi tahun 1994, Candi Muara Takus terdiri dari pagar keliling, Candi Tua, Candi Bungsu, Candi Mahligai, Candi Palangka, Bangunan I, Bangunan II, Bangunan III, Bangunan IV, Bangunan VII, dan Tanggul kuno. Tidak cukup sampai di situ,  di kompleks ini Anda juga akan menemukan fragmen arca singa, fragmen arca gajah pada puncak candi Mahligai, inskripsi mantra, pahatan vajra, gulungan daun emas dengan permukaan ukiran berpahat mantra dan gambar vajra.

3. BATE TOKONG PULAU WEH ( ACEH )

batee-tokong  Dari namanya mungkin sebagian besar dari kita sangat asing dengan tempat wisata yang satu ini, gak heran sih, soalnya bate tokong berada di provinsi paling ujung Indonesia yaitu di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Di Pulau weh Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling dan menyelam. Bagi para divers Pulau weh merupakan surganya bawah laut untuk Menikmati alam bawah air dengan spesies penghuni bawah laut Pulau Weh merupakan daya tarik utama di objek wisata ini.

weh-islandKeanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras maupun terumbu karang yang lunak dari berbagai jenis, bentuk dan warna, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah untuk dinikmati oleh mata manusia. Beberapa terumbu karang yang ada yaitu Karang Lupas, Karang Rusa dan Karang Kerupuk.

4. PANTAI MATRAS ( BANGKA BELITUNG )

pantai-matras Ini dia tempat wisata favorit ane traveller!!  Keindahan Pantai matras dihiasi batu-batuan granit yang tersusun begitu luar biasa. Pantai ini terletak di Desa Sinar Baru ini memiliki keindahan yang memukau. Hamparan lautnya yang biru dan suasananya yang sejuk membuat pantai ini mendapat julukan Heaven Beach atau pantai surga. Naungan pasir pantai putih ini bersatu bersama bebatuan yang indah di seklilingnya seperti mutiara yang terlihat di depan mata. Pantai Matras terdapat pasir putih yang halus dengan luas sepanjang sekitar 3 kilometer, dengan lebar sekitar 20m sampai 30m, pantai yang dihiasi oleh pepohonan kelapa ini memunculkan pula lautan yang sangat bening serta pemandangan eksotis dan aliran air sungai dengan nuansa alamiah. salah satu wisata indonesia yang patut untuk anda dikujungi

5.  AIR TERJUN NYARAI ( SUMATERA BARAT )

Air-Terjun-Nyarai-Lubuk-Alung-Pariaman-Sumatera-Barat1 Air Terjun Nyarai ini memiliki tinggi sekitar 8 meter. Jika Anda datang pada musim panas, air tidak terlalu kecil namun Anda akan menemukan kolam berwarna hijau tepat di depan air terjunnya. Jika di musim hujan, air terjunnya deras dan sedikit keruh. Selain itu, Anda tidak disarankan berkunjung ke Air Terjun Nyarai ini karena kondisi yang relatif tidak aman. Jika diperhatikan, air yang turun dari Air Terjun Nyarai ini seperti dibendung oleh dua batu besar sebelum akhirnya masuk ke dalam kolam hijau itu. Batu besar di depan air terjun itu membentuk sebuah kolam yang dasarnya bisa berwarna hijau, sangat indah dipandang mata. Di dalam kolam berwarna hijau itu banyak terdapat ikan, Anda bisa memancing atau menangkapnya dengan pistol tombak yang sudah disediakan tim adventure. Menariknya, jika menggunakan pistol tembak, Anda harus menyelam ke dalam kolam tersebut. Rasanya seru sekali karena seperti menangkap ikan dengan cara berkejar-kejaran dengan ikannya.

sumber : gosumatra, travel.detik, pulauwehwow, wisataindonesia, jalanjalanyuk

Iklan

One Comment Add yours

  1. Dandy Siswandy berkata:

    ke pulau weeh…. pengen banget saya kesana 😦 tapi belum ada kesempatan buat kesana

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s