Sate Padang,Wajib Dicari Saat Bepergian ke Luar Kota

Setiap bepergian ke luar kota satu hal yg wajib kamu cari di daerah tersebut adalah makanan khas setempat. Belum nyampe penginapan dibenak kamu yang terlebih dulu nongol pastinya makan. Iya kan? 

Nah, Perjalanan kali ini lumayan jauh, Kepulauan Bangka Belitung tepatnya di Kota Pangkalpinang. Kenapa kesini? karena kebetulan lebaran tahun ini maunya disini sama keluarga sambil menikmati liburan idul fitri, ya lumayan dapat cuti 2 minggu dari kantor.

Tulisan sebelumnya sudah bahas soal tempat wisata, nah kali ini mau bahas soal kebiasaan saya kalo ke luar kota. Dari sekian banyak makanan khas di Bangka dari pempek, lempah kuning, sampai otak-otak, setibanya di Bangka makanan yang saya cari pertama kali adalah Sate Padang.

Nah kebetulan ini bukan kali pertamanya saya ke Bangka, jadi tau penjual sate padang cuma adanya di Alun-alun kota Pangkalpinang (setau saya) tapi buka nya cuma sore hari. Nah, pas banget tiba dirumah keluarga sekitar jam 5 sore langsung deh cus ke Alun-alun kota nyari tuh uda (panggilan laki-laki daerah sumbar) penjual sate padang. Saking rindunya dengan Sate Padang ini makannya sampe 2 porsi, kelezatan bumbu dari sate ini sangat berbeda dengan bumbu sate lainnya, memiliki ciri khas rasa yang membuat mulut gak berhenti nguyah. Walaupun daging sate padang lumayan sedikit dari sate yang lain tapi yang gak berubah pastinya tetep pake tusuk yang terbuat dari bambu hehehe. Tidak semua penjual sate padang masuk ke daerah-daerah di Indonesia, contohnya aja Kota kelahiran saya dan Eyang B.J. Habibie Kota Parepare. Makanya mumpung lagi keluar kota dan ada yang jual jadi lah Sate padang ini menjadi makanan wajib saya setiap keluar kota. 

Biar gak penasaran dengan kelezatan sate padang dan kebetulan saya juga hobby masak ini dia resepnya Saya kutip dari resepmu.com

Bumbu Halus Resep Sate Padang

* 1500 ml Air

* 1/2 sendok teh Lada (Merica)

* 1/4 sendok teh Jinten

* 2 cm Jahe

* 3 cm Kunyit

* 75 gram Cabai Merah

* Secukupnya Minyak Goreng

 Bahan Resep Sate Padang Spesial
* 1 batang Serai

* 1 sendok teh Garam

* 100 gr Daging Sapi

* 100 gr Lidah Sapi

* 100 gr Tepung Beras

* 2 cm Asam Kandis

* 2 cm Lengkuas (Laos)

* 3 lembar Daun Jeruk

* 50 gr Tepung Sagu

* Tusuk Sate

Makanan Wajib kamu apa? #komendonk

Iklan

One Comment Add yours

  1. Hendi Setiyanto berkata:

    dulu banget pas pertama kali nyoba saosnya, awalnya merasa bakalan enak banget maklum terbiasa makan sambal kacang khas sate jawa pada umumnya yang dominan manis, eh pas nyoba sate padang kok rasanya banyak rempahnya tapi lama-lama toh terbiasa juga hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s